Text

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami - Hallo sahabat Okejal, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, Artikel Kesehatan Otak, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami
link : 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami

Baca juga


6 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami

Cara Meningkatkan Daya Ingat secara AlamiOke Jal. Banyak sekali cara untuk meningkatkan daya ingat anda. Agar ingatan kita selalu dalam kondisi baik maka ingatan butuh untuk dilatih secara teratur, sama halnya dengan organ tubuh lainnya seperti otot jika tidak dilatih maka otot akan mengecil. Untuk meningkatkan ingatan anda ke kondisi prima anda mungkin akan memerlukan pelatihan khusus. Ada beberapa cara sederhana yang dapat meningkatkan daya ingat anda.

6 Faktor atau Penyebab Daya Ingat Menurun

Sebelum kita membahas cara untuk meningkatkan daya ingat, ada baiknya kita mempelajari terlebih dahulu apa penyebab daya ingat menurun. Sebenarnya pendidikan, lingkungan fisik dan lingkungan belajar tidak menjamin kualitas daya ingat seseorang itu bagus, namun ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kekuatan daya ingat. Seperti faktor genetik atau keturunan yang sangat memiliki peranan penting . adapun faktor lainnya yaitu:

#1 Buruknya kualitas Tidur
Buruknya kualitas tidur tidak hanya akan menyebabkan anda insomnia tetapi juga akan berpengaruh pada daya ingat anda. Tidur yang sehat dan cukup sangat berpengaruh pada ingatan anda. Penelitian menunjukkan bahwa dibutuhkan tidur setidaknya 6 hingga 8 jam untuk daya ingat  agar dapat berfungsi dengan maksimum.
Cukup tidur tidak hanya akan membuat daya ingat anda menjadi lebih baik tetapi tidur yang cukup juga dapat membuat anda mengatasi stres setiap harinya. Jadi saran kami adalah cobalah untuk tidak begadang dan buatlah jadwal untuk tidur.

#2 Sering Depresi
Penyebab lain yang cukup fatal melemahnya daya ingat anda adalah Depresi. Pada zaman sekarang ini depresi adalah penyakit yang sangat umum dan hampir semua usia mengalami depresi. Banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan manusia depresi mulai dari peristiwa yang sangat melukai jiwa seperti kehilangan orang yang sangat kita sayangi. Peristiwa ini biasanya akan membuat kita menjadi depresi.

#3 Penyakit kelenjar tiroid
Penyakit kelenjar tiroid mempengaruhi banyak sekali manusia, dan memiliki efek buruk pada daya ingat. jika anda ingin lebih mengetahui tentang penyakit ini anda bisa membacanya di situs wikepedia https://id.wikipedia.org/wiki/Kelenjar_tiroid Diagnosis awal penyakit kelenjar tiroid ini akan mampu untuk mencegah kerusakan dari menurunnya daya ingat. Penyakit kelenjar tiroid tidak hanya menyerang orang dewasa atau penyakit ini dapat menyerang pada semua usia.

#4 Diabetes
Diabetes adalah penyakit yang cukup menakutkan di seluruh dunia. Banyak sekali pasien diabetes yang tidak dapat mengobati penyakitnya dengan baik. Sehingga kegagalan sistem vaskular akan berlanjut pada pasien diabetes dan jika tidak diobati secara efektif akan berpengaruh terhadap menurunnya daya ingat.
Bagi pasien diabetes daya ingat anda dapat meningkat jika dilakukan pengobatan dan pengendalian diabetes dengan tepat.

#5 Alkohol dan obat-obatan
Kecanduan akan alkohol dan jenis obat-obatan tertentu akan dapat menyebabkan menurunnya daya ingat bahkan yang lebih parah lagi adalah degenerasi kemampuan intelektual lainnya.

Para pencandu alkohol pertama kali akan memiliki masalah pada daya ingat jangka pendek, jika terus kecanduan alkohol maka pencandu akan mengalami amnesia yang jika diteruskan akan diperparah dengan masalah daya ingat jangka panjang.

konsumsi alkohol yang berlebihan adalah racun bagi otak dan daya ingat. Obat-obatan dapat membahayakan otak dan mengurangi kemampuan mental. semisalnya obat ekstasi yang akan menyebabkan kerusakan serius pada daya ingat.

#6 Kurangnya Vitamin B12
Penurunan daya ingat juga di dapat disebabkan karena kurangnya vitamin. Salah satu vitamin tersebut adalah Vitamin B12 karena vitamin ini sangat diperlukan oleh otak kita agar dapat berfungsi secara maksimal.
Vitamin B12 dapat anda temukan pada makanan seperti ikan, telur, daging, unggas, susu dan produk susu lainnya. Vitamin B12 juga berfungsi untuk membantu sistem peredaran darah dan menjaga kesehatan otak kita.

6 Cara Meningkatkan Daya Ingat Anda

Pada awal paragraf kami telah mengatakan bahwa ingatan perlu untuk dilatih agar dapat bekerja secara maksimal. Ingatlah selalu semakin anda melatihnya maka akan semakin kuat daya ingat anda. Ada pepatah yang mengatakan “Pratice Makes perfect” yang dapat diartikan latihan dapat membuat sempurna.

Kata-kata ini juga dapat berlaku untuk daya ingat kita. Selain meninggalkan 6 faktor dari penyebab menurunnya daya ingat di atas, ada beberapa tips untuk meningkatkan daya ingat anda.

#1. Jangan pernah bosan atau berhenti belajar
Carilah topik yang dapat menarik minat anda lalu mulailah untuk terlibat pada topik itu dengan cara mempelajarinya dan mengembangkannya topik tersebut. Jika memungkinkan untuk anda carilah dan bergabunglah dengan kelompok atau Group yang memiliki atau membahas tentang topik yang akan anda pelajar.

Membaca, kuliah, informasi di televisi dan internet merupakan sumber ilmu lanjutan untuk otak anda, semakin banyak informasi yang dapat anda tangkap maka akan semakin bagus daya ingat anda.

#2. Menjalin hubungan sosial dan keluarga anda

Manusia adalah makhluk sosial, maka jalinlah hubungan sosial yang baik dengan keluarga atau teman anda. Semakin hubungan sosial anda maka akan semakin baik untuk otak anda. Menyendiri akan dapat merusak banyak sekali sistem pada tubuh anda. Penelitian menunjukkan bahwa otak dan jantung akan bekerja secara optimal jika anda memiliki hubungan keluarga dan sosial yang baik.

Pada kasus sosial ini, anda bisa menjadi relawan untuk memberikan bantuan yang anda bisa pada masyarakat membutuhkannya atau bisa juga anda berpartisipasi dalam kelompok organisasi, yang sesuai dengan kepentingan dan kemampuan atau keahlian anda.

#3. Mengembangkan kebiasaan baru
Setiap kali anda mewajibkan pada diri anda untuk melakukan hal yang baru, berarti anda telah memicu kekuatan atau kemampuan baru dalam mencapai tujuan yang telah anda tetapkan.

Seperti merubah Lay-out tatanan kamar anda, mencoba untuk mengoleskan mentega pada roti dengan cara yang berbeda atau dengan menutup mata anda, mencoba menggunakan celana dengan salah satu tangan, atau belajar untuk menggunakan sikat gigi atau mouse dengan tangan yang lain.

Kegiatan seperti ini akan dapat melatih kemampuan otak anda. Kreasikanlah kegiatan yang lain agar dapat meningkatkan kemampuan otak anda.

#4. Melatih pikiran dengan permainan.
Semakin sering anda menggunakan otak anda maka semakin anda membantu daya ingat anda tetap dalam posisi maksimal. Ada beberapa permainan yang mampu untuk meningkatkan kemampuan intelektual anda, sekaligus juga dapat meningkatkan hubungan sosial seperti Backgammon, catur, teka-teki dan lain-lain. Permainan seperti ini tidak hanya membuat anda terhibur juga dapat membantu meningkatkan daya ingat anda. atau anda bisa mencoba latihan pada video dibawah ini:

#5. Olahraga dapat meningkatkan daya ingat anda

Dengan melakukan olahraga secara rutin dapat meningkatkan sistem peredaran darah ke otak anda. Bahkan latihan sehari-hari yang sangat sederhana tapi jika dilakukan dengan rutin seperti jalan cepat dapat meningkatkan kemeja jantung dan oksigen ke otak.

Anda tidak perlu menjadi seorang olahragawan untuk memperoleh manfaat dari olahraga. Olahraga memiliki pengaruh positif pada banyak sekali sistem pada tubuh kita. Khususnya pada daya ingat dan kemampuan kognitif lainnya. Anda hanya perlu berolahraga selama kurang lebih 20 menit setiap harinya dengan latihan yang sederhana seperti bersepeda, berenang atau berjalan kaki.

Terbukti secara ilmiah bahwa berjalan kaki selama 2,5 jam setiap Minggu secara substansial akan meningkatkan daya ingat pada orang-orang di atas usia 50 tahun.

#6. Makanan yang akan membantu meningkatkan daya ingat anda
Apa yang kita makan akan mempengaruhi kemeja dan kondisi tubuh kita khususnya daya ingat kita dalam jangka panjang. Penelitian beberapa dekade terakhir menunjukkan bahwa makan tertentu dapat meningkatkan fungsi sirkuit saraf dari otak yang mengontrol daya ingat.

Ciri-ciri umum dari makanan ini adalah makanan yang banyak mengandung antioksidan dan vitamin yang bermanfaat bagi sistem saraf.

Untuk mendapatkan asupan vitamin yang cukup untuk tubuh kita, lebih baik makan lebih banyak buah dan sayuran daripada anda menelan vitamin formulasi. Alasannya simpel yaitu dengan makan makanan yang banyak mengandung vitamin anda juga akan dapat menyerap nutrisi yang terkandung dalam makanan tersebut sehingga berguna untuk melengkapi dan mendukung kerja vitamin tersebut.

Beberapa makanan yang bisa meningkatkan daya ingat anda adalah:

  1. Sayuran berdaun hijau, bayam, kubis, selada
  2. Brokoli dan kembang kol
  3. Jus buah, buah
  4. Berbagai macam Berry, buah delima
  5. Kacang-kacangan
  6. Ikan berlemak seperti salmon, sarden, mackerel
  7. Minyak zaitun dan minyak nabati lainnya
Semoga artikel singkat 6 cara meningkatkan daya ingat anda secara alami ini dapat berguna untuk anda dan juga dapat membantu mengatasi masalah pelupa yang anda alami.

Jangan Lupa untuk membagikan Artikel ini dengan menekan tombol sosial media yang ada di bawah posting
loading...



Demikianlah Artikel 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami

Sekianlah artikel 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 6 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami dengan alamat link http://okejal.blogspot.com/2016/11/6-cara-meningkatkan-daya-ingat-secara.html

0 Response to "6 Cara Meningkatkan Daya Ingat secara Alami"

Posting Komentar