Text

Menghitung Data Unik (Count Unique Values)

Menghitung Data Unik (Count Unique Values) - Hallo sahabat Okejal, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Menghitung Data Unik (Count Unique Values), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Belajar MS Excel, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Menghitung Data Unik (Count Unique Values)
link : Menghitung Data Unik (Count Unique Values)

Baca juga


Menghitung Data Unik (Count Unique Values)

Judul Inggrisnya "count unique values", ya kali ini saya akan berikan contoh rumus untuk menghitung data yang unik, data yang dihitung banyak mengandung duplikasi. Seperti ini contohnya



















Cobalah diperhatikan nama2x yang ada di dalam tabel terdapat banyak pengulangan atau duplikasi, padahal kita ingin menghitung tanpa menghitung duplikatnya. Jadi kalau dihitung data yang benar2x unik adalah 3, yaitu "Sam", "Joko", dan "Halim".
Rumus:
=SUMPRODUCT((A2:A7<>"")/COUNTIF(A2:A7;A2:A7&""))
atau
=SUM(1/COUNTIF(A2:A7;A2:A7)) (array formula)

Kemudian bagaimana menghitung dengan kriteria?























Perhatikan gambar, pada kolom nama dan properti terdapat data dobel/duplikasi, nah kasusnya kita ingin menghitung properti berdasar nama, pada contoh yang dihitung adalah "Yuna" dan hasilnya adalah 2, yaitu "Rumah" dan "Motor".
Rumus:
=SUM(IF(FREQUENCY(IF(A17:A24<>"";IF(A17:A24=A27;MATCH("~"&B17:B24;B17:B24&"";0)));ROW(B17:B24)-ROW(B17)+1);1))
atau
=SUM((A17:A24=A27)*(A17:A24<>"")/COUNTIFS(A17:A24;A17:A24;B17:B24;B17:B24))

Dua rumus ini semuanya array formula (tekan tombol CTRL+SHIFT+ENTER secara bersamaan

Sekian dari saya, salam semuanya.......................
loading...



Demikianlah Artikel Menghitung Data Unik (Count Unique Values)

Sekianlah artikel Menghitung Data Unik (Count Unique Values) kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Menghitung Data Unik (Count Unique Values) dengan alamat link http://okejal.blogspot.com/2015/03/menghitung-data-unik-count-unique-values.html

0 Response to "Menghitung Data Unik (Count Unique Values)"

Posting Komentar