Text

10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Anda

10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Anda - Hallo sahabat Okejal, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Anda, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hidup Sehat, Artikel Manfaat Buah, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Anda
link : 10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Anda

Baca juga


10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Anda

10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Anda

Manfaat Buah Kundur Bagi Kesehatan. Anda mungkin belum tahu apa itu buah kundur,saya sendiri baru kali ini mendengar namanya.namun ternata,buah kundur memiliki manfaat yang cukup bayak bagi kesehata tubuh.sebelum saya jabarkan mengenai manfaat buah kundur,terlebih dahulu saya akan membahas apa itu buah kundur.

Nama latin dari buah kundur adalah Benincasa hispida,salah satu jenis tanaman yang merambat.Di tanam di daerah pertanian dengan 2 cara yaitu membiarkan merambat di tanah atau diberi penyangga agar buahnya lebih bersih penampilannya.Batangnya berkayu, lunak, berbulu, dan berwarna hijau. Memiliki daun tunggal, bulat, bertepi rata dengan ujung tumpul, pangkal daun membulat, dengan panjang 10-17 cm, lebar 9-15 cm, tangkai daun bulat dengan panjang 10-15 cm dan berwarna hijau.

Berbungan tunggal dengan kelamin dua di ketiak daun, kelopak berbentuk corong, bercangap, halus dan berwarna hijau muda. Bunga memiliki 5 benang sari dengan panjang 2-3 cm berwarna putih. Kepala sari bunga berbentuk bulat berwarna hijau. Putik bunga berwarna putih dengan mahkota berwarna kuning dan berbulu halus.

Buah Kundur berbentuk bulat panjang, berdaging dengan panjang 15-20 cm berwarna hijau keputih-putihan karena tepung/bedak kapur yang dihasilkan oleh tumbuhan itu sendiri. Bijinya keras berbentuk pipih berwarna putih dengan panjang 6-7 mm, lebar 5-6 mm. Berakar tunggang yang berwarna putih kotor. buah kundur juga merupakan keluarga labu yang lebih sering dijadikan sayur daripada bahan makanan pokok. Umumnya orang Indonesia suka menjadikan manisan.

Buah, kulit buah dan biji Benincasa hispida mengandung saponin, disamping itu buah dan kulit buahnya juga mengandung flavonoida dan tanin dan bijinva juga mengandung polifenol.

Manfaat Buah Kundur


1. Menjaga Suhu Tubuh

Air merupakan komponen gizi yang tidak menyumbangkan energi. tetapi keberadaannya sangat diperlukan oleh tubuh. Sekitar 75% tubuh kita tersusun oleh air. Karena itu, air diperlukan tubuh dalam jumlah banyak. Air dalam tubuh berguna untuk menjaga suhu tubuh, jika tubuh kekurangan cairan maka tubuh akan dehidrasi dan kita akan lemas.

2. Obat Paru-paru dan Pernafasan

Masyarakat Filipina memasak buah kundur segar untuk dijadikan sirup dan ubat bagi masalah pernafasan dan paru-paru.

3. Mengobati Mata Bengkak

Air kundur juga didapati sebagai bahan cuci mata yang merah dan bengkak.

5. Makanan untuk Diet

Buah kundur adalah sayuran yang rendah kalori. Energi yang disumbangkan dari 130 gram beligo segar hanya sebesar 13 kcal. Bagi Anda yang sedang diet rendah kalori. cobalah mengkonsumsi buah beligo atau buah kundur.

6. Mengobati Gonorhe

Abu biji buah kundur dapat digunakan untuk mengobati penyakit gonorhe.

7. Menobati Demam

Buah kundur juga biasanya digunakan sebagai obat demam oleh masyarakat cina

8. Mengobati Kencing Manis dan Wasir

Sebagian besar masyarakat cina,selain menggunakan buah kundur sebagai obat demam,mereka juga menggunakannya sebagai obat ketika susah buang air kecil, kencing manis,dan wasir

9. Obat Sakit Pinggang

Bagi anda yang menderita sakit pinggang,ternyata buah kundur juga dapat digunakan sebagai obatna,dengan menjadikannya jus buah kundur.

10. Lemah Limfa

Bagi anda penderita lemah limfa,anda dapat memanfaatkan daging buah kundur sebagai obatnya.
loading...



Demikianlah Artikel 10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Anda

Sekianlah artikel 10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Anda kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Anda dengan alamat link http://okejal.blogspot.com/2016/11/10-manfaat-buah-kundur-untuk-kesehatan.html

0 Response to "10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan Anda"

Posting Komentar