Text

16 Penyebab dan 7 Cara mengatasi Rambut rontok secara alami

16 Penyebab dan 7 Cara mengatasi Rambut rontok secara alami - Hallo sahabat Okejal, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 16 Penyebab dan 7 Cara mengatasi Rambut rontok secara alami, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 16 Penyebab dan 7 Cara mengatasi Rambut rontok secara alami
link : 16 Penyebab dan 7 Cara mengatasi Rambut rontok secara alami

Baca juga


16 Penyebab dan 7 Cara mengatasi Rambut rontok secara alami

16 Penyebab dan 7 Cara mengatasi Rambut rontok secara alami. Rambut rontok dapat membuat anda kehilangan percaya diri terlebih jika anda adalah wanita. Perlu untuk anda ketahui sebenarnya rambut selalu mengalami 3 fase yang terus menurus berulang yaitu pertumbuhan, istirahat, dan kerontokan. Khususnya jika anda wanita, mengalami kerontokan kurang lebih 100 helai per harinya. Ini adalah wajar atau batas normal dari kerontokan bagi anda.

Alopesia androgenetik ini adalah nama yang dikenal dalam dunia medis sebagai pola kerontokan rambut pada pria. Pola kerontokan pada pria terjadi karena Hormon Dihidrotestosteron (DHT) ini terlalu peka terhadap akar rambut, terlalu tingginya DHT ini dapat membuat helai rambut menjadi tipis dan mudah untuk rontok

Ada beberapa ciri yang biasanya terjadi kerontokan pada pria.
  1. Garis rambut yang terdapat pada dahi mulai bergeser naik
  2. Terjadi penipisan rambut pada ubun-ubun dan di samping kepala.
Sedangkan pada wanita ciri yang biasanya terjadi kerontokan adalah mulainya penipisan pada bagian atas kepala. Dan penyebab umum rontoknya rambut pada wanita adalah pada masa kehamilan dan perubahan hormon pada saat menopause.

Proses kebotakan pada pria dan wanita
Proses kebotakan pada pria dan wanita

Alopecia atau rambut rontok biasa saja dialami oleh siapa saja, entah itu laki-laki atau perempuan. Biasanya pada usia 30 hingga 40 tahun inilah proses kerontokan rambut mulai muncul. Terkadang ada juga yang mengalami kerontokan di usia remaja.

16 Penyebab rambut Rontok

16 Penyebab rambut Rontok

Ada banyak sekali penyebab kerontokan pada rambut, kami OkeJal telah merangkumkan untuk anda hal-hal yang dapat menyebabkan rambut anda rontok dan berbagi beberapa tips untuk mencegah rambut rontok.

1. Kurangnya Protein, perlu untuk anda ketahui Rambut ini terdiri dari zat Keratin yaitu semacam zat untuk menguatkan rambut. Seorang Konsultan Trichologist yang bernama Philip Kingsley mengatakan kurangnya protein dapat mempengaruhi jumlah keratin pada rambut, kurangnya keratin ini dapat menyebabkan rambut menjadi lemah dan berhenti untuk tumbuh, untuk protein anda bisa mendapatkannya melalui Daging merah, ikan, telur dan ayam.

2. Menggosok Kepala terlalu keras saat berkeramas, ini akan membuat kulit kepala tersakiti dan dapat mencabut akar rambut, dan bahkan dapat merusak Folikel rambut, Folikel rambut adalah struktur dari kulit yang mana nantinya rambut akan tumbuh.  jika anda ingin mengenal lebih jauh tentang folikel rambut anda bisa membaca di fungsi.web.id/2015/06/struktur-dan-fungsi-folikel-rambut.html . perlu untuk anda ingat lembutlah dalam memperlakukan kulit kepala anda pada saat keramas.

Kerontokan rambut biasanya tidak jauh dengan timbulnya eksim dan ketombe,  eksim dan ketombelah yang akan menyebabkan kulit kepala menjadi gatal. Jika kulit kepala anda terasa gatal selalu ingatlah untuk tidak menggaruknya terlalu keras sehingga menimbulkan efek yang cukup buruk pada folikel rambut.

3. Stres Berlebih, Philip Kingsley dalam situsnya (www.philipkingsley.com/ ) bagi pria memiliki kelebihan hormon tidak terlalu berpengaruh pada dirinya, namun jika testosteron dan dihydrotestosterone (DHT) mungkin akan sangat berpengaruh pada pria karena hormon dan zat ini memiliki efek negatif pada folikel rambut.

Zat ini dapat meresap ke dalam rambut dan membuat rambut anda mengalami penipisan, hingga rambut anda terlihat tidak kusut, tidak sehat dan bahkan akan berhenti mengalami pertumbuhan. Dan pemicu ini umumnya terjadi pada pria yang mengalami stres.

4. Kurangnya Asupan Zat besi, rambut rontok juga tidak hanya disebabkan oleh kelebihan zat DHT, namun juga bisa disebabkan juga kekurangan zat besi. Kurangnya zat besi dapat menurunkan feritin. (untuk mengenal feritin lebih jauh anda bisa belajar di situs imadanalis.blogspot.com/2012/06/tes-feritin.html) pada umumnya kekurangan feritin akan menyebabnya terganggunya pertumbuhan rambut dan dapat meningkatkan rambut rontok. Untuk itu anda dapat mencegah kerontokan dengan cara banyak mengonsumsi zat besi. Anda dapat menemukan zat besi pada makanan daging merah, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan buah-buahan.

5. Merokok, penelitian yang telah diterbitkan oleh jurnal Archives of Dermatolgoy menunjukkan merokok tidak hanya menyebabkan penyakit jantung, dan kanker, namun dapat membuat rambut anda rontok. Diperkirakan, merokok dapat menyebabkan pembuluh darah perifer menjadi rusak, bahkan merokok dapat merusak suplai darah menuju folikel rambut.

6. Rambut kering, adalah faktor yang cukup parah yang dapat menyebabkan rambut rontok. Logika sederhana dari rambut yang kering adalah rambut yang kering akan rapuh, sehingga mudah patah hingga mengalami kerontokan. Dehidrasi adalah salah satu dari sebab rambut menjadi kering,

7. Kurang nutrisi, tidak hanya kekurangan air atau dehidrasi dapat membuat rambut anda menjadi rontok tetapi kekurangan nutrisi dapat membuat rambut anda menjadi rontok. Maka dari itu usahakan untuk makan-makanan yang memiliki cukup nutrisi, anda bisa mendapatkannya dari sayuran. Sehingga kulit kepala dan rambut anda sehat.

8. Terlalu sering mencuci rambut, intensitas mencuci rambut yang berlebihan dapat memberikan dampak negatif bagi rambut anda, memang tujuan untuk mencuci rambut adalah untuk menjaga rambut tetap bersih, harum dan sehat. Untuk itu cucilah rambut anda setidaknya 3 kali dalam seminggu.

9. Efek samping obat, rambut rontok bisa disebabkan karena efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi dapat menimbulkan reaksi ke tubuh anda, salah satunya adalah perontokan rambut. Tapi tenang saja tidak semua obat dapat membuat rambut anda mengalami kerontokan. Beberapa obat yang dapat menyebabkan kerontokan jika anda mengonsumsi berlebihan adalah obat kemoterapi, obat asam urat dan Vitamin A. Kerontokan rambut ini akan berhenti bila anda berhenti mengonsumsi obat-obat tersebut.

10. Penyakit anemia, adalah penyakit kekurangan sel darah merah. Penyakit ini dapat menimbulkan kerontokan pada rambut dikarenakan kurangnya asupan nutrisi dan oksigen yang di bawak oleh sel darah merah ke seluruh tubuh anda, termasuk juga ke kepala dan rambut.

11. Ikat rambut, para wanita banyak sekali yang menggunakan alat ini, mulai dari yang berambut pendek hingga berambut panjang menggunakan ikat kepala, namun perlu anda ingat bawah ikat rambut ini bisa membuat rambut anda rontok jika anda melakukan ikatan yang terlalu kencang.

12.Adanya infeksi, adanya infeksi pada kulit kepala anda akan menyebabkan kerontokan. Untuk mengatasi ini anda bisa menggunakan obat anti jamur kerontokan.

13. Kehamilan, pada saat wanita pasca melahirkan kerontokan pada rambut akan sering terjadi. Jangan khawatir ini adalah sesuatu hal yang sangat wajar, namun setelah beberapa bulan kemudian jumlah kerontokan akan mulai berkurang dan bahkan sudah hilang.

14. Pertumbuhan rambut tidak seimbang, jika pertumbuhan rambut setiap bulannya tidak seimbang. Peristiwa ini akan menjadi penyebab rambut anda rontok dikarenakan adanya masalah pada hormon androgen. Rambut rontok akan terjadi pada pertumbuhan rambut yang tidak normal.

15. Paparan sinar matahari, terlalu sering rambut anda terkena sinar matahari di siang hari secara langsung akan membuat rambut anda rapuh bahkan dapat menyebabkan rambut anda mengalami kerontokan.

16. Diet, adalah salah satu dari beberapa penyebab rambut menjadi rontok, jangan salah salah sangka dulu diet yang dapat menyebabkan rambut menjadi rontok adalah diet yang salah. Diet yang salah adalah yang tidak sehat dan menyakitkan, seperti mengurangi makan berlebih. Karena diet seperti ini dapat mengurapi asupan protein dan zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut. Cobalah untuk mengubah pola diet anda dengan memakan makanan yang mengandung tinggi serat dan protein. Agar diet anda berhasil dan anda masih tetap memiliki rambut yang sehat dan panjang.

7 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami    

 
Ini adalah pembahasan inti kita, bagaimana cara mengatasi rambut rontok secara alami, maksud kami menjelaskan terlebih dahulu ke 16 penyebab rambut rontok adalah agar anda dapat menghindarinya sehingga proses mengatasi rambut rontok anda akan selesai dengan cepat. Berikut ini adalah ke 7 cara alami mengatasi rambut rontok

1. Lidah buaya – aloe vera
Lidah buaya adalah jenis tanaman herbal yang sejak dahulu dipercaya sangat berkhasiat terutama untuk perawatan rambut. Banyak sekali para ahli yang berpendapat, bahwa kandungan yang terdapat pada lidah buaya seperti vitamin dan mineralnya sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut, mulai dari akar, memperbaiki jaringan rambut, dan juga dapat menghitamkan rambut.
mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya:
  • sediakan lidah buaya yang masih segar secukupnya.
  • ambillah gel yang terdapat pada lidah buaya tersebut dengan cara memotongnya menjadi dua
  • setelah anda selesai keramas, anda bisa mengoleskan lidah buaya dan memijatnya secara perlahan pada kulit kepala
  • tunggulah sekitar 30 menit.
  • setelah menunggu selama 30 menit, bersihkan kulit kepala anda dengan menggunakan air.
Catata: untuk mendapatkan hasil yang maksimal gunakan tips ini 1 kali setiap hari.

2. Teh hijau dan daun seledri
Teh hijau tidak hanya berguna untuk kesehatan tubuh anda, namun kandungan antioksidan yang sangat tinggi dapat melancarkan sirkulasi darah pada bagian kepala anda. Dan daun seledri dapat menguatkan rambut dari akarnya karena daun seledri mengandung Vitamin A, Vitamin B dan zat besi. Dengan penggunaan rutin teh hijau dan daun seledri ini dapat membuat rambut anda menjadi mengkilau.
Cara mengatasi rambut rontok dengan daun seledri dan teh hijau:
  • pertama siapkan handuk hangat yang telah direndam pada air lemon
  • tutuplah kepala anda dengan menggunakan handuk hangat tadi sekitar 10 menit.
  • sambil menunggu sepuluh menit buatlah seduhan teh hijau dan daun seledri yang kemudian anda teteskan ke kepala anda.
  • selanjutnya pijatlah kulit kepala anda secara lembut agar meresap dengan sempurna.
  • tunggulah sekitar 30 menit, kemudian bersihkan atau bilas menggunakan air dingin
3. Kemiri
Kemiri adalah salah satu buah yang sangat memiliki manfaat untuk perawatan dan menumbuhkan rambut. Itu disebabkan karena kemiri mengandung banyak sekali mineral alami yang sangat kompleks seperti kalium, kalsium, zat besi dan sebagainya.

Sejak dahulu hingga sekarang orang banyak menggunakan kemiri untuk mempercepat pertumbuhan jenggot serta kumis. Namun perlu anda ketahui bahwa kemiri juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut anda yang rontok.
Cara mengatasi rambut rontok dengan kemiri:
  • cukup mudah memanfaatkan minyak kemiri. Di sini ada 2 cara yaitu dengan membeli minyak kemiri atau membuat minyak kemiri sendiri. jika anda ingin membeli anda tinggal langsung membuatnya.
  • jika anda niat membuat minyak kemiri sendiri. berikut Caranya cukup sangrai kemiri secukupnya, lalu haluskan hingga keluar minyaknya.
  • Selanjutnya anda teteskan secara merata minyak kemiri ke rambut anda, tunggulah 1 hingga 2 jam. Lalu anda bilas dengan air dingin.
4. Gunakan minyak essensial
Sekarang ini banyak sekali jenis minyak esensial yang beredar di masyarakat. Minyak esensial ini bisa anda gunakan untuk merawat rambut rontok. Minyak ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi seperti mineral, antioksidan, vitamin, dan lainnya. Kandungan ini sangat terbukti dapat menguatkan rambut hingga ke akarnya.
beberapa minyak esensial yang sangat direkomendasikan antara lain:
  • Minyak zaitun
  • Minyak lavender
  • Minyak kelapa
  • Minyak wijen
Caranya: cukup oles dan pijatkan minyak esensial secukupnya setelah keramas selama 1 hingga2 jam. Setelah itu, bersihkan dengan menggunakan air dingin.

5. Santan
Santan tidak hanya berfungsi untuk menggurihkan masakan, dan ternyata juga dapat berguna untuk merawat rambut rontok. Kandungan mineral alami yang terdapat pada santan kelapa sangat diperlukan oleh rambut. Seperti Vitamin B, kalsium, Zat Besi dan lainnya. Penggunaan secara rutin dapat membuat rambut menjadi sehat dan lebat.
Cara mengobati rambut rontok dengan santan kelapa:
  • setidaknya siapkan 1 gelas santan yang siap digunakan.
  • selanjutnya anda bersihkan rambut anda dengan cara keramas.
  • oleskan dan pijat dengan lembut menggunakan santan
  • sediakan handuk, dan balutlah rambut anda dengan handuk dan diamkan kurang lebih 1 jam
  • selanjutnya bilas dengan air bersih hingga rambut anda bersih

6. Yoghurt
Salah satu dari olahan susu ini banyak mengandung nutrisi yang sangat penting yaitu serat, mineral alami, asam folat, dan probiotik. Ternyata kandungan ini tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan tubuh tetapi juga dapat memperkuat rambut, menutrisi, dan memperbaiki sel rambut yang rusak serta dapat menyuburkan rambut anda.
Cara alami mengatasi rambut rontok dengan yoghurt:
  • Campurlah yoghurt dan madu secukupnya, anda dapat menyesuaikan.
  • oles campuran tadi ke kepala anda, anda pijatlah dengan lembut
  • Diamkan agar meresap kurang lebih 1 hingga 2 jam.
  • selanjutnya bersihkan menggunakan air dingin.
Note: lakukan minimal 2hingga3 kali dalam seminggu untuk hasil memuaskan.
   
7. Pakai rempah jahe, bawang, dan nipis
Rempah jahe, bawang dan nipis ini adalah obat tradisional dari nenek moyang kita. Dahulu untuk mengatasi rambut rontok, membunuh Kuta, membersihkan rambut hingga menghilangkan uban biasanya menggunakan ramuan ini. Penggunaan secara teratur akan membuat rambut menjadi sehat dan lebat.
Cara mengatasi rambut rontok dengan bawang, jahe, dan nipis:
  • Haluskan bawang dan jahe, kemudian campurkan dengan perasan nipis sampai encer.
  • selanjutnya Oleskan secara merata ke seluruh bagian kulit kepala. Selanjutnya pijatlah dengan lembut agar meresap ke akarnya.
  • Diamkan kurang lebih 1hingga 2 jam, selanjutnya anda bisa membilasnya menggunakan air dingin
Note: jangan menggunakan ramuan ini berlebihan. Anda hanya perlu menggunakan ramuan ini 2 kali dalam seminggu. Ingat jangan lebih agar tidak terjadi masalah baru pada kulit kepala dan rambut anda.

Tips Agar berhasil mengatasi rambut rontok

Walaupun tips-tips di atas kelihatan sangat simpel, jika anda lakukan secara telaten dan konsisten dalam menerapkannya maka rambut rontok akan bisa anda atasi. Agar perawatan rambut rontok menjadi memuaskan, perhatikan beberapa hal berikut ini:
  1. bagi para wanita, berusahalah untuk mengurangi menggunakan ikat rambut
  2. jangan terlalu sering menggunakan keramas, karena terlalu sering menggunakan keramas dapat menghilangkan minyak alami yang terdapat pada rambut anda. Usahakan untuk keramas paling banyak 3 kali dalam seminggu
  3. ingatlah selalu, untuk memijat kulit kepala dengan lembut.
  4. banyaklah dalam mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan vitamin agar rambut tetap ternutrisi dari dalam
  5. selama melakukan perawatan rambut rontok ini usahakan untuk menghindari secara langsung polusi, debu dan sinar matahari.
  6. jauhi untuk mencuci rambut menggunakan air panas, mengiakan pengering rambut dan obat kimia yang berbahaya.
Itulah ke 16 penyebab rambut menjadi rontok dan 7 cara mengatasi rambut rontok secara alami. Anda tidak perlu mencoba trik ini semuanya tetapi anda bisa memilih mana yang sekiranya tidak merepotkan anda ketika anda menerapkan perawatan rambut rontok. Semoga berhasil.
Sumber:
http://penyebabrambutrontok.com/
http://www.cantikitu.com/2016/03/cara-mengatasi-rambut-rontok-secara-alami.html#.V-j3XFc9XIU
Jika Merasa Bermanfaat dan menarik? Mohon untuk di shared dengan menekan tombol sosial media dibawah. Terima kasih
loading...



Demikianlah Artikel 16 Penyebab dan 7 Cara mengatasi Rambut rontok secara alami

Sekianlah artikel 16 Penyebab dan 7 Cara mengatasi Rambut rontok secara alami kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 16 Penyebab dan 7 Cara mengatasi Rambut rontok secara alami dengan alamat link http://okejal.blogspot.com/2016/09/7-cara-mengatasi-rambut-rontok.html

0 Response to "16 Penyebab dan 7 Cara mengatasi Rambut rontok secara alami"

Posting Komentar