Text

17 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda

17 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda - Hallo sahabat Okejal, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 17 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, Artikel Kesehatan Otak, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 17 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda
link : 17 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda

Baca juga


17 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda

17 Cara Ampuh Meningkatkan IQ AndaOke Jal. Apakah anda merasa IQ anda rendah? , atau apakah anda susah untuk mengingat? . jangan khawatir kami di sini akan mencoba untuk meringankan masalah yang sedang anda hadapi. Kami telah merangkum bagaimana cara untuk meningkatkan IQ. Di sini terdapat sekitar 17 tips meningkatkan IQ anda.

17 Tips Meningkatkan IQ

1. Tarif Nafas Dalam-dalam
Anda dapat dengan mudah meningkatkan fungsi otak anda dengan mudah hanya dengan cara bernafas panjang melalui hidung. Ketahuilah bahwa jika anda menarik nafas yang dalam ini akan memberikan asupan Oksigen yang sangat banyak pada darah anda, yang tentunya juga pada otak anda. Jika oksigen terlalu rendah pada aliran darah anda, ini akan sangat mempengaruhi fungsi otak anda. Coba anda melakukan senam pernafasan. Berikut ini cara untuk melakukan senam pernafasan.
Buatlah tutorial senam pernafasan

2. Buatlah Jurnal.
Catharine M. Cox, seorang penulis buku, dia mempelajari kebiasaan 300 orang jenius – seperti Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson – dan dia menemukan bahwa semua orang jenius tersebut selalu rajin untuk menulis jurnal atau buku harian. Ketahuilah, bahwa Thomas Edison menulis sekitar tiga juta halaman catatan, surat, bahkan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi selama hidupnya. Jadi mulai sekarang cobalah untuk menulis jurnal harian anda.

3. Belajarlah Sebanyak Mungkin.
Aliran arus syaraf baru di dalam otak kita hanya akan tercipta bila kita mempelajari hal-hal yang baru. Perbandingan antara orang yang pintar dan tidak itu terdapat pada jumlah aliran arus syaraf otak yang dimiliki. Ketahuilah bahwa aliran arus syaraf ini hanya akan tercipta bila kita mempelajari hal-hal yang baru. Semakin banyak hal yang kita pelajar maka semakin pintar kita.

4. Belajarlah Membaca Cepat.
Sekarang cobalah untuk mempelajari teknik membaca baru yaitu Membaca cepat atau Photo Reading. Teknik ini lebih baik bila kita bandingkan dengan metode yang pernah kita pelajar di sekolah. Karena Photo reading atau membaca cepat ini akan membantu kita untuk memproses informasi tertulis dalam skala besar dan membantu kita lebih mengingat informasi.

Kebanyakan teknik Photo reading mengajarkan kita untuk menyegerakan mata dengan lebih cepat di setiap halaman yang kita baca, Photo reading adalah sistem membaca yang mengajarkan kita untuk memadukan antara pikiran sadar dan pikiran bawah sadar pada saat kita sedang membaca. Intinya adalah, Photo reading bisa kita lakukan dengan menggunakan beberapa bacaan yang mudah dibaca dengan menerapkan teknik yang berbeda di setiap waktu. Permata kita melibatkan pikiran sadar lalu menggunakan metode lain untuk meningkatkan daya ingat dan memahami materi.

Untuk lebih jelasnya tentang membaca cepat anda bisa mendownload ebooknya di sini.

5. Ambil Waktu Singkat untuk Beristirahat Secara Berkala.
Cobalah untuk mengambil waktu singkat untuk beristirahat ketika kita belajar sebagai contoh jika anda belajar kurang lebih 30 menit selanjutnya anda mengambil waktu untuk beristirahat secara singkat kurang lebih 5 menit. Metode ini cukup efektif karena pelajar yang telah kita pelajar akan lebih lama dalam ingat kita. Anda bisa mengunduh (download) Motivator Software secara cuma-cuma sehingga setiap 30 menit akan muncul pesan pada komputer anda yang mengingatkan anda untuk beristirahat.

6. Gunakan Akronim untuk Mengingat Informasi.
Teknik dari akronim adalah kita mengambil bentuk singkat yang diambil pada setiap huruf awal setiap kata. Teknik ini dapat membantu anda dalam mempelajari informasi dalam skala besar dalam waktu yang cukup singkat. Sebagai contoh , “MeJiKu HiBiNiu” merupakan akronim yang sering digunakan oleh ke banyak orang untuk mengingat warna dari pelangi.

7. Sarapan Pagi.
Sarapan telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi, kemampuan memecahkan masalah, kinerja mental, daya ingat, dan mood. Sarapan merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang level glukosa setelah periode 8 hingga 12 jam tanpa makanan. Glukosa merupakan sumber utama energi bagi tubuh anda.

8. Gunakan Tubuh Anda untuk Membantu Anda Mempelajari Sesuatu.
Gerakan tubuh merupakan proses kunci dalam perkembangan dan proses belajar. Brain Gym (Olahraga Otak) merupakan program olahraga yang sederhana, yang dikembangkan selama 25 tahun oleh para spesialis pendidikan, Dr. Paul Dennison. Brain Gym dapat membantu anda dalam hal-hal sebagai berikut:
  • Pemahaman
  • Konsentrasi
  • Berpikir secara abstrak
  • Daya ingat
  • Keletihan mental
  • Kemampuan menyelesaikan tugas
  • Keseimbangan fisik dan koordinasi
9. Meditasi.
Neurpsychologist mengatakan bahwa struktur otak kita dapat di ubah dengan meditasi. Hasil scan MRI dari para meditator menunjukkan kegiatan otak lebih banyak dalam sirkuit otak anda khususnya dalam memperhatikan sesuatu. Ketika suara-suara mengganggu diperdengarkan pada para meditator yang sedang melalui Scan MRI, suara-suara tersebut hanya memiliki pengaruh kecil pada area dalam otak mereka yang melibatkan emosi dan proses pengambilan keputusan dibandingkan dengan orang-orang yang tidak bermeditasi atau meditator yang kurang berpengalaman.

10. Jauhi Makanan yang Mengandung Gula.
Ingatlah selalu untuk mengurangi karbohidrat berlebih dalam bentuk apa saja seperti Roti putih, keripik kentang dan yang lainnya karena akan membuat anda terasa lelah dan malas. Karena makan ini memiliki efek yang dapat membuat anda sulit untuk berpikir jernih. Karena kadar gula darah anda menjadi tinggi dan menyebabkan pelepasan insulin dalam darah juga tinggi.

11. Olah Kecerdasan Emosional (EI) Anda.
Sejak bertahun-tahun Penekanan terhadap aspek kecerdasan berpikir logis, pemahaman ruang, matematis, verbal, analogi dan lain-lain disebabkan oleh publik. Tetapi, selama beberapa dekade terakhir, banyak sekali orang yang merasa membuang potensi yang mereka miliki dengan bersikap, berpikir, serta berkomunikasi dalam cara yang menghambat peluang untuk mereka capai kesuksesan.
Kemampuan serta bakat yang anda miliki dapat di optimalkan jika anda memiliki kecerdasan emosi.

12. Manfaatkan Setiap Waktu Anda.
Manfaatkan waktu luang anda, sebagai contoh ketika anda sedang menunggu antrian atau sedang beda di dalam transportasi publik anda bisa memanfaatkan secara produktif, dengan cara menyelesaikan teka-teki silang atau mendengarkan informasi di radio atau juga anda bisa membaca buku. Intinya gunakan waktu luang anda untuk mempelajari hal baru.

13. Jogging.
Seorang pakar menjelaskan hanya dengan mengolah detak jantung dan berkeringat anda akan mampu untuk mencegah hilangnya ingatan, mempertajam kecerdasan, meningkatkan Mood, bahkan anda akan bekerja dengan lebih baik. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa untuk mencapai kinerja yang optimal bagi otak anda hanya perlu untuk olahraga aerobic.

14. Latih Semua Indra Anda.
Para ilmuwan menemukan bahwa jika anda melibatkan berbagai macam indra untuk melakukan kegiatan-kegiatan, maka otak kita akan belajar sangat efektif. Anak-anak atau bahkan orang dewasa akan belajar sangat baik dan efektif ketika mereka belajar sesuatu yang melibatkan banyak indra  seperti indra penglihatan, emosi, suara, timbal balik, orientasi ruang bahkan indra pengecap dan perasa.

Mike Adams, seorang penulis buku, menjelaskan dalam bukunya bahwa seorang anak yang diberikan definisi “tanpa bobot” secara verbal memperoleh informasi mengenai kata tersebut melalui 1 dimensi: pendengaran. Jika anda menunjukkan kepada seorang anak film mengenai seorang astronot yang mengapung di luar angkasa ketika anda mengucapkan kata “tanpa bobot”, anda memberikan informasi kata tersebut melalui 2 dimensi; di mana si anak melihat dan mendengar kata tersebut.

Dan jika anda menyuruh si anak melompat-lompat menggunakan trampolin dan meneriakkan kata “tanpa bobot” ketika si anak berada di udara, pengertian kata tersebut akan semakin tertanam lebih dalam di otaknya.

15. Latihlah Gelombang Otak Alpha Anda.
Penelitian menemukan bahwa ketika kita berada dalam kondisi santai, namun masih tetap fokus dan terjaga , ini merupakan kondisi ideal untuk belajar. Karena dalam keadaan ini gelombang otak kita berjalan sekitar 8 hingga 12 siklus per detik, atau dalam kondisi alpa.

16. Konsumsilah Antioksidan.
Cobalah untuk banyak mengonsumsi antioksidan karena antioksidan ini dapat melindungi sel-sel dalam tubuh anda, termasuk juga sel-sel pada otak anda. Cukup banyak jenis makan yang mengandung banyak sekali antioksidan tinggi seperti, kismis, bluberry, blackberry, cranberry, bawang paut, strowberry, bayam, dan raspberrry.

17. Gunakan Intuisi Anda.
Cobalah untuk belajar menggunakan intuisi saat anda sedang memproses pengumpulan informasi. Jika anda mengandalkan intuisi maka anda akan memperluas kewaspadaan dan membawa anda kepada alam bawah sadar anda untuk mengumpulkan informasi di sekitar lingkungan anda.

18. Gunakan Sistem Pembantu Memori.
Sistem pembantu memori, atau yg dikenal dengan istilah system objek angka, merupakan teknik untuk mengingat daftar. System ini bekerja dengan mengingat-ingat daftar kata yang dengan mudah dapat “dikaitkan” dengan angka yang diwakili oleh kata-kata tersebut. (1-10, 1-100, dan seterusnya). Itulah memori anda. Jika anda harus mengingat sebuah daftar dalam waktu singkat, setiap benda dalam daftar tersebut dapat anda sesuaikan dengan angka yang cocok. Setelah anda mengingat-ingat angka-angka tersebut, anda bisa menggunakan angka yang sama berulang kali setiap kali anda perlu mengingat-ingat sesuatu.

Ketika anda harus menghafalkan hal-hal yang berada dalam daftar, visualisasikan benda tersebut dengan angka yang anda miliki. Anda bisa memilih kata-kata yang memiliki rima yang sama dengan angka tersebut, berikut contoh yang diambil dari Wikipedia:
  • 1-gun
  • 2-zoo
  • 3-tree
  • 4-door
  • 5-hive
  • 6-bricks
  • 7-heaven
  • 8-plate
  • 9-wine
  • 10-hen
Sebagai contoh, jika anda menghafalkan 10 benda yang anda ingin beli di toko obat: kapas (cotton ball), pasta gigi (toothpaste), permen karet (gum), kertas (paper), lem (glue), kartu index (index cards), multivitamin (multivitamins), krim tangan (hand cream), shampoo, dan kutek (nail polish). Lakukan hal berikut:
  • Bayangkan kapas (cotton balls) ditembakkan dari pistol (gun)
  • Bayangkan seekor gorila di kebun binatang (zoo) sedang menggosok giginya
  • Bayangkan sebuah pohon (a tree) dengan sebungkus permen karet (gum) tumbuh pada cabangnya
  •  Bayangkan seseorang masuk melalui pintu kertas (paper door)
  • Bayangkan se-toples lem (glue) dikeliling lebah seakan-akan toples tersebut adalah sarang lebah (beehive)
  • Bayangkan sebuah rumah terbuat dari bata (bricks) kartu index (index cards)
  • Bayangkan malaikat (angels) sedang minum multivitamin.
  • Bayangkan sebuah piring (a plate full) berisi krim tangan (hand cream)
  • Bayangkan sebuah gelas wine (a wine glass) berisi shampoo.
  • Bayangkan seekor ayam jantan (a hen) dengan kuku berwarna merah (bright red nails).

Semoga bermanfaat …
loading...



Demikianlah Artikel 17 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda

Sekianlah artikel 17 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 17 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda dengan alamat link http://okejal.blogspot.com/2016/09/17-cara-ampuh-meningkatkan-iq-anda.html

0 Response to "17 Cara Ampuh Meningkatkan IQ Anda"

Posting Komentar