Text

12 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

12 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara Alami - Hallo sahabat Okejal, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 12 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara Alami, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, Artikel Kesehatan Mulut dan Gigi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 12 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara Alami
link : 12 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Baca juga


12 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

12 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara AlamiOke Jal. Bau mulut adalah masalah yang cukup sulit untuk diketahui oleh diri sendiri dan sangat diketahui oleh orang Ian. Cara tradisional atau yang sangat umum untuk mengecek bau mulut adalah dengan cara menghembuskan nafas ke tandan kita sendiri lalu menghirup kembali, itulah cara yang paling banyak digunakan untuk mengetahui bau mulut atau tidak.

Namun cara itu sebenarnya kurang tepat. Cara untuk mengetahui bau mulut atau tidak anda bisa menggunakan cara ini. Jilatlah telapak tangan anda, kemudian anda diamkan hingga air liur yang menempel pada tangan anda kering. Setelah kering ciumlah apakah bau atau tidak.  Itulah cara yang tepat untuk mengecek bau mulut.

Penyebab Bau mulut

Kita semua bisa saja akan terkena masalah bau mulut ini. Karena bau mulut adalah hal yang wajar. Tetapi bau mulut memiliki tingkatan tertentu, bau mulut bisa menjadi kronis. Langkah pertama untuk mengatasi bau mulut adalah dengan mengetahui penyebab bau mulut.

Sering kali penyebab bau nafas tak sedap ini disebabkan oleh masalah yang kebersihan gigi dan mulut. Perlu anda ketahui bau mulut bisa saja menjadi tanda di mana anda memiliki penyakit yang serius. Untuk itu kami Blog Oke Jal. Telah merangkumkan untuk anda Penyebab-penyebab bau mulut.

#1. Kebersihan Gigi Kurang Terjaga
Ketahuilah bahwa Sekitar 85% penyebab bau mulut adalah kebersihan gigi yang buruk. Menurut sebuah penelitian International Journal of Oral Science mengatakan bahwa sisi makanan yang tertinggal dan menempel pada gigi akan menjadi makanan empuk bagi bakteri.

Karena tempat yang lembab, basah hangat sekaligus basah adalah tempat yang sangat disukai oleh bakteri. Maka dari itu sisi makanan yang terdapat pada gigi akan menjadi tempat untuk berkembangbiakan bakteri.

Bakteri Inilah yang akan membuat anda anda bau mulut. Karena Senyawa sulfur yang dihasilkan oleh bakteri baunya seperti telur busuk.

#2. Kurangnya air dalam tubuh.
Menurunnya produksi saliva (Air Liur) menurut karena kurangnya cairan dalam tubuh. Saliva (air liur) berfungsi sebagai pembersih bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut. Tidak hanya itu saliva juga menjaga sel-sel yang terdapat pada mulut agar tetap hidup. Jika anda kekurangan saliva (air liur) maka sel-sel yang berada di dalam mulut akan banyak yang mati.

Sel-sel yang mati ini dapat menjadi sumber bau mulut. Karena itulah anda minumlah cukup air, sekitar 2 liter per hari.

Bagi penderita asma atau yang mengalami hidung tersumbat biasanya mereka akan menggunakan mulut untuk bernafas. Hal seperti ini dapat membuat mulut cepat mengering. Jika anda mengalami ini, maka pastikan untuk menambah asupan air.

#3. Banyak Makan Makanan Penyebab Bau Mulut
Penyebab bau mulut bisa disebabkan oleh makanan, kalian sudah pasti tahu dengan bawang, walaupun bawang memiliki banyak sekali manfaat, bawang juga dapat menyebabkan bau mulut. Tidak hanya bawang makanan yang berkarbohidrat tinggi juga dapat menarik bakteri karena memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Makanan yang berserat bisa mengimbangi bahkan juga dapat mengurangi baut mulut. Dan satu hal lagi merokok sudah sangat terbukti menjadi penyebab bau mulut.

#4. Infeksi Sinus atau Amandel
aroma bau tak sedap juga dapat di sebabkan karena terjadinya infeksi di sinus (amandel).  Cara untuk mengatasi ini dengan antibiotik, tentu dengan saran dari dokter anda. Kasus infeksi amandel dapat menyebabkan peradangan pada amandel, yang akan menghasilkan butiran kalsium di belakangan tenggorokan, yang selanjutnya menyebabkan aroma yang tidak sedap keluar dari mulut anda.

Cara yang paling mudah dan ampuh adalah dengan cara berkumur menggunakan air garam. Fungsi dari air garam ini untuk membunuh bakteri. Caranya cukup mudah yaitu dengan menambahkan 1 sendok garam ke seperempat gelas air, aduk hingga merata dan berkumurlah di pagi hari. Setelah 2 atau 3 hari, makanlah yoghurt yang mengandung bakteri baik.

#5. Kadar Asam Lambung Tinggi
Orang yang memiliki kondisi asam lambung yang tinggi atau sering di sebut dengan maag, akan sering bersendawa yang di ikuti dengan aroma yang tidak sedap. Aroma ini mirip seperti aroma cuka. Asam lambung tidak hanya berkaitan dengan masalah pencernaan saja. Namun pada kondisi yang cukup buruk, sama lambung dapat mencapai sinus dan bagian dalam telinga. Untuk itu kurangi konsumsi makanan yang dapat meningkatkan asam lambung berlebih. Contoh : minuman beralkohol, Lay manis, cokelat dan lainnya.

#6. Penyakit Serius atau Parah
Ini yang sangat jarang diketahui, ada beberapa kasus yang menyebabkan baut mulut di jumpai pada penderita kanker yang terdapat pada bagian tenggorokan, telinga, leher dan hidung. Sebenarnya aroma yang tidak sedap muncul dari kanker itu sendiri.

Namun hal yang paling utama penyebab bau mulut adalah kebersihan gigi dan mulut. Untuk itu mulai sekarang saatnya anda untuk mulai menjaga kesehatan mulut dan gigi anda. Bagi Anda yang sudah terlanjur bau mulut, kami telah merangkumkan cara untuk mengatasi bau mulut secara alami.

Cara Mengatasi Bau Mulut atau Napas Tidak Sedap dengan Mudah 

Mengatasi bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh mulut kita itu sangat mudah sekali. Anda hanya perlu rutin menggosok gigi , berkumur secara rutin setiap sebelum dan sesudah tidur. Untuk lebih jelasnya cara menghilangkan baut mulut dengan cepat dan alami.

1. Rutinlah menggosok gigi
Menggosok gigi secara rutin adalah langkah paling dasar untuk menghilangkan bau mulut. Gosoklah gigi anda setidaknya 2 hingga 3 kali setiap hari. Dengan gigi yang bersih itu berarti gigi anda telah terbesar dari sisa-sisa makan, jadi bau mulut tidak akan anda alami lagi.

Tips untuk menggosok gigi jangan terlalu kasar atau agresif, sebab akan merusak enamel pada gigi, kerusakan enamel pada gigi akan membuat gigi cepat berlubang dan rusak.

2. Jika perlu, gunakan benang gigi
Para ahli bilang “menggosok gigi saja tidak cukup”. Menggosok gigi akan membuat gigi kita terlihat bersih, tetapi sebenarnya masih ada sisa makan yang masih menempel pada sela-sela gigi anda. Jika sisa makanan itu tidak anda bersihkan ini akan menyebabkan timbulnya plak dan karang gigi. Jadi untuk membersihkan sisa makanan secara maksimal gunakan juga benang gigi.

3. Gunakan obat kumur anti bakteri
Gunakanlah obat kumur anti bakteri karena ini sangat berguna untuk menghilangkan bakteri dan juga menghilangkan karang gigi/Plak. Untuk menghilangkan bau mulut akan sangat efektif jika anda melakukan berkumur setelah anda bangun tidur. Saat kita sedang tertidur akan banyak sekali bakteri yang berkembang biak dan juga akan menyebabkan bau tak sedap. Itu itulah kenapa sangat di anjurkan untuk membersihkan gigi sebelum tidur, entah itu menggosok gigi atau berkumur dengan obat kumur anti bakteri.

4. Mengangkat kotoran dan bakteri pada lidah
Perlu untuk anda ketahui bahwa bakteri itu juga bersarang pada lidah anda juga, bakteri-bakteri Yang terdapat pada lidah ini secara tidak langsung akan membentuk lapisan yang mana lapisan ini akan membuat nafas anda menjadi bau.

Gunakanlah sikat gigi anda untuk menggosok permukaan lidah anda secara rutin untuk mengatasi masalah yang satu ini. Jika perlu, gunakanlah alat khusus pembersih lidah.

5. Berhenti merokok sekarang juga
Merokok merupakan kegiatan yang dapat membuat mulut anda menjadi tidak sedap. Maka dari itu berhentilah merokok, memang cukup sulit untuk berhenti merokok 100%. Ada satu tips untuk mengurangi kebiasaan buruk ini.

Belilah nikotin tempel di apotek terdekat di kota anda. Ini sangat terbukti untuk membantu orang mengurangi kecanduan rokok.

6. Perbanyak konsumsi air putih
Telah di bahas di salah satu penyebab dari bau mulut yaitu kurangnya asupan air. Untuk itu perbanyaklah minum air setidaknya 2 liter per hari.

7. Kawat gigi sebaiknya dibersihkan secara rutin
Bagi pengguna kawat gigi yang karena alasan medis bukan yang mengikuti gaya tren. Fungsi dari kawat gigi adalah untuk merapikan gigi yang melenceng. Adanya kawat gigi akan menyebabkan banyak sela pada daerah mulut, ini akan membuat bakteri mudah untuk berkembang biak.
Untuk itu setiap anda selesai menggosok gigi, usahakan untuk membersihkan sela-sela pada kawat gigi anda secara menyeluruh.

8. Waspadalah terhadap penyakit gusi!
Periodontal atau penyakit gusi adalah salah satu dari penyebab bau mulut yang tak sedap. Ini disebabkan karena tidak dibersihkan secara menyeluruh pada dasar gigi ( gusi) yang terdapat banyak bakteri.

Penyakit gusi atau yang disebut dengan periodontal, dapat menjadi salah satu penyebab bau mulut kurang sedap. Hal ini dapat muncul disebabkan karena dasar gigi (gusi) terdapat banyak sekali bakteri yang tidak dibersihkan secara menyeluruh.
Jika kondisi penyakit gusi anda sudah parah, kami sarankan anda untuk mengunjungi periodontist atau dokter ahli penyakit gusi.

9. Sediakan buah-buahan segar di lemari es
Bau mulut juga dapat dihilangkan dengan memakan buah-buahan. Mulut akan sehat dan harum dapat menjadi milik anda jika anda secara rutin mengonsumsi buah-buahan, karena kandungan nutrisi yang terdapat pada buah mampu membunuh bakteri dan kuman. Buah alpukat adalah salah satu buah yang sangat efektif untuk menghilangkan bau mulut anda.

Beberapa buah-buahan penghilang bau mulut lainnya:

  • Stroberi: buah satu ini memiliki rasa masam – manis. Dipercaya kandungan vitamin C nya yang tinggi dapat membantu mengatasi bau mulut kamu.
  • Lemon: lebih masam lagi adalah buah lemon. Selain mengandung senyawa vitamin C tinggi, lemon juga mengandung zat anti-bakterial.
  • Buah pir: buah ini memiliki tekstur yang kasar agak renyah, sehingga cukup efektif untuk menghilangkan bau mulut akibat karang gigi. Agar maksimal, kunyah-kunyah buah pir secara merata.
  • Jambu biji: entah ini pendapat atau bukan, yang jelas jambu biji sangat efektif untuk mengatasi bau mulut membandel. Cobalah untuk mengonsumsinya sebanyak minimal 2x sehari.


10. Minum green tea
Teh hijau semakin lama semakin populer saja, kandungan anti oksidan yang tinggi pada teh hijau inilah yang membuat menjadi sangat terkenal. Teh hijau tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan saja, namun teh hijau juga bermanfaat untuk mengatasi bau mulut.
Teh hijau mengandung senyawa aktif catechin yang mampu untuk membasmi kuman dan bakteri yang terdapat pada mulut dan gigi kita. Meminum 2 hingga 3 gelas teh hijau setiap hari mampu untuk menghilangkan bau mulut.

11. Konsumsi lebih banyak vitamin C
Vitamin C sangat ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Banyak sekali orang yang mengatakan bahwa jeruk memiliki banyak sekali kandungan Vitamin C-nya, namun buah jambu yang memiliki kandungan Vitamin C yang sangat tinggi.

Untuk itu jika memungkinkan untuk anda, makanlah buah-buahan yang mengandung banyak sekali vitamin C, untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap.

12. Menghilangkan bau mulut secara alami
Semua orang pasti menginginkan bau mulut yang segar dan harum, termasuk anda juga, Benar?. Berikut ini kami akan memberikan tips menghilangkan bau mulut tidak sedap dengan cepat dan alami.



  1. Ketumbar: adalah salah satu rempah yang dipercaya mengandung anti bakterial yang dapat menghilangkan bau napas tak sedap.
    Caranya rebus ketumbar, kemudian konsumsi air rebusannya secara rutin setiap harinya.
  2. Jeruk nipis dan madu: jeruk nipis dan madu adalah salah satu racikan tradisional untuk menghilangkan baut, namun cara ini juga bisa menghilangkan bau mulut tak sedap.
    aranya campurkan kedua bahan tadi secukupnya, kemudian minum secara rutin.
  3. Daun sirih dan lengkuas: racikan keduanya sering sekali digunakan bagi kaum hawa untuk merawat daerah kewanitaannya. Namun siapa sangka ternyata daun sirih dan lengkuas ini dapat menghilangkan bau mulut tak sedap.
    Caranya rebus daun sirih dan geprekan lengkuas, lalu gunakan sebagai obat kumur setiap bangun tidur.
  4. Kayu manis: tidak hanya mampu untuk mengatasi penyakit, namun kayu manis juga dapat bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap.
    Caranya seduh kayu manis dengan air panas seperti membuat teh hangat, kemudian minum sehari sebanyak 2x.
  5. Kencur: cara menghilangkan bau mulut – pertama rebus 10 gram kencur, pinang, tanaman adas, 15 daun sirih, temu ros, dan air setengah liter sampai mendidih. Setelah itu saring dan konsumsi minimal 2x dalam seminggu.
Itulah beberapa tips menghilangkan bau mulut tak sedap dengan bahan yang alami, untuk informasi saja, jika anda ingin menggunakan tips pada on 12 usahakan untuk menggunakan 1 cara dari 5 tips di atas dengan konsisten. Sebelum anda mendapatkan reaksi positif anda jangan menggantinya.

Jika anda menyukai dan dirasa bermanfaat jangan lupa untuk membagikan tips ini ke teman anda melalui tombol media sosial yang terdapat di bawah artikel.
Sumber:
http://www.cantikitu.com/2015/11/cara-menghilangkan-bau-mulut.html#.V-G-H1c_N-g
http://www.kolomsehat.com/penyebab-bau-mulut/

loading...



Demikianlah Artikel 12 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Sekianlah artikel 12 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara Alami kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 12 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara Alami dengan alamat link http://okejal.blogspot.com/2016/09/12-cara-ampuh-mengatasi-bau-mulut.html

0 Response to "12 Cara Ampuh Mengatasi Bau Mulut Secara Alami"

Posting Komentar