Text

Kenali Gejala dan 7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Kenali Gejala dan 7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal - Hallo sahabat Okejal, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Kenali Gejala dan 7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Kenali Gejala dan 7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal
link : Kenali Gejala dan 7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Baca juga


Kenali Gejala dan 7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal


Kenali Gejala dan 7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal
sumber : http://batuginjal.net

Kenali Gejala dan 7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal. Batu ginjal adalah salah satu dari beberapa penyakit kronis yang di sebabkan akibat pola hidup yang salah atau pola hidup yang tidak sehat ( Jika anda ingin mengetahui pengertian batu ginjal secara detail anda bisa membacanya di situ wikipedia https://id.wikipedia.org/wiki/Batu_ginjal ). Batu ginjal merupakan pengkristalan asam urat. Tapi jangan terlalu kwartir dengan penyakit batu ginjal ini karena penyakit ini dapat di cegah dengan memperbaiki gaya hidup yang lebih sehat sedini mungkin.  Sebelum kita membahas tentang cara pencegahan batu ginjal ada baiknya bila kenal lebih dahulu tentang gejala, faktor sekaligus ciri-ciri dari penyakit batu ginjal

 

Gejala batu ginjal

 
Gejala dari batu ginjal tidak akan begitu berpengaruh jika batu ginjal itu berukuran sangat kecil, sehingga dapat dengan mudah keluar dari dalam tubuh secara mudah melalui ureter. Perlu anda ketahui bahwa ureter merupakan saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. 

Sebaliknya jika ukuran batu ginjal ini sudah lebih besar dari diameter saluran ureter maka efek dari penyakit ini akan sangat terasa. Ukuran batu ginjal yang besar ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan iritasi atau bahkan luka pada saluran ureter. Itulah sebabnya pada penderita batu ginjal jika membuang urine terkadang mengandung darah. Selain membuat iritasi pada ureter, batu ginjal juga ada kemungkinan tersangkut di dalam ureter (Saluran terakhir dari pembuangan urine) sehingga terjadi peningkatan jumlah bakteri dan juga dapat mengalami pembengkakan akibat infeksi. 

Gejala batu ginjal yang terjadi apabila terjadi gesekan batu ginjal dengan ureter adalah rasa nyeri pada pinggang, nyeri pada perut bagian bawah ataupun samping, bahkan selangkangan yang di ikuti dengan mual.
Namun jika terjadi infeksi pada ginjal biasanya ditandai dengan urine yang keruh disertai dengan bau yang sangat tidak sedap, badan menjadi lemas, demam yang tinggi bahkan menggigil.

Faktor risiko terserang penyakit ginjal


terdapat beber Faktor risiko yang dapat meningkatkan terserangnya penyakit batu ginjal antara lain:
  • Terdapat anggota keluarga yang terkam penyakit batu ginjal
  • Umumnya batu ginjal menyerang pada usia di atas 40 tahun, namun bisa terjadi pada usia muda jika tidak dapat menjalani hidup sehat.
  • Batu ginjal lebih sering terjadi pada pria
  • Dehidrasi
  • Makanan tertentu yang memiliki protein yang tinggi, tinggi sodium dan gula dapat meningkatkan risiko terserang beberapa jenis penyakit batu ginjal
  • Obesitas (kegemukan)
  • Kondisi medis lain, antara lain renal tubular acidosis, cystinuria, hyperparathyroidism dan infeksi saluran urin tertentu

Cara Efektif Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Jika anda ingin sekali mencegah atau menjauhi batu ginjal ini bersarang di dalam tubuh anda, maka satu-satu jalan adalah anda harus dapat memulai hal-hal yang dapat menyehatkan tubuh anda. Walaupun anda sudah terlanjur terkena penyakit ini anda masih dapat mengatasi atau mencegah kemunculan batu ginjal berikutnya. Berikut ini blog Ini Caranya akan berbagi kepada anda cara yang cukup efektif mencegah munculnya penyakit batu ginjal.

1. Minum banyak air
Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal Dengan air putih
sumber Gambar :  female-infoku.blogspot.com
 Minum air putih lebih banyak selain juga berguna untuk kesehatan kulit atau organ tubuh lainnya ternyata juga dapat menjaga anda dari serangan penyakit batu ginjal. Air putih juga memiliki Peranan yang cukup penting yaitu dapat menetralisir racun yang terdapat pada tubuh anda. 
Dengan meminum cukup air maka dapat mencegah mengendapnya mineral di dalam ginjal dan menstimulasi buang air kecil.

2. Minum minuman yang menyehatkan
Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal dengan air kelapa dan lemon
Sumber Gambar : ensiklopediaindonesia.com

Tidak hanya air putih yang selalu anda minum namun minumlah minuman yang dapat membuat tubuh anda menjadi lebih sehat. Karena ini akan cukup membantu anda dalam menjaga kesehatan anda. Contoh minuman ini adalah air kelapa dan air perasan lemon ini sangat cocok untuk kesehatan tubuh anda. Karena kandungan air kelapa terdapat 94% kandungan air yang sangat baik untuk mencegah penyakit batu ginjal karena kandungan mineral yang terdapat pada air kelapa seperti potasium, mangan, dan magnesium. 

Sementara kandungan asam citric yang terdapat pada air lemon sangat bermanfaat untuk pencegah pengkristalan mineral kalsium yang terdapat di dalam ginjal.

3. Perbanyak konsumsi makanan dan minuman yang terbuat dari susu
Mencegah batu ginjal dengan olahan susu 
Penelitian menemukan bahwa pencegahan pembentukan batu ginjal dapat di cegah dengan mengonsumsi 3 atau 4 sajian yoghurt atau susu rendah lemak. Karena kandungan yang terdapat pada yoghurt dapat membantu mengikat oksalat yang terdapat pada makanan lainnya.

4. Kurangi makanan laut dan daging
Sumber : http://assets.kompas.com

Makanan laut memiliki kandungan puri yang sangat tinggi. Perlu anda ketahui bahwa semakin tinggi kadar puri akan semakin meningkatkan produksi asam urat, asam urat merupakan dasar dari pembentukan batu ginjal.

5. Kurangi konsumsi garam
Sumber Gambar : http://refina.co.id

Garam merupakan bahan yang wajib untuk setiap masakan, namun terlalu banyak garam memiliki efek yang sangat buruk, semakin tinggi sodium yang terdapat pada tubuh anda. Hal ini dapat membuat pelepasan kalsium di dalam urin akan berlebihan. Kalsium akan menempel pada oksalat, dan berisiko mengalami pembentukan batu ginjal.

6. Jaga berat badan tetap ideal
Cobalah untuk selalu menjaga berat badan anda, jika berat anda mulai terus naik, cobalah untuk melakukan diet. Ingatlah jika anda menderita obesitas maka potensi mengalami batu ginjal akan semakin besar. anda bisa membaca artikel 9 cara menurunkan berat badan dengan cepat dan alami

Itulah beberapa penjelasan tentang gejala, faktor risiko penyakit batu ginjal dan bagaimana 7 cara mencegah penyakit ginjal. Jika anda merasa artikel ini bermanfaat tolong bagikan ke teman-teman anda dengan menekan Tombol berbagi yang berada di bawah artikel. Semoga artikel ini dapat meringankan masalah anda dan Terima kasih
Sumber:


loading...



Demikianlah Artikel Kenali Gejala dan 7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Sekianlah artikel Kenali Gejala dan 7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Kenali Gejala dan 7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal dengan alamat link https://okejal.blogspot.com/2016/10/7-cara-mengatasi-penyakit-ginjal.html

0 Response to "Kenali Gejala dan 7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal"

Posting Komentar